Jumat, 04 Maret 2016

"Julo-Julo" Blog

Sebelum mulai bayar arisan ODOP yang ajaib tapi bermanfaat ini, saya mau cerita sedikit nih. Dalam istilah minang, arisan itu disebut " julo-julo" dan sudah lama menjadi tradisi disini. Berikut akan saya uraikan tentang macam-macam julo-julo yang dilaksanakan oleh orang Padang. Diantaranya :

1. Julo-julo batanam (menanam) padi, manyabik (menyabit) padi, mamangkua (memangkul) sawah.
Julo-julo atau arisan ini biasanya dilakukan oleh para petani disebuah kampung yang sama-sama punya sawah. Sistimnya sama dengan arisan yang diadakan pada umumnya. Jadi siapa yang ikut, jika sawahnya lagi musim menanam, yang ikut membantu menanam padi itu adalah anggota arisan lainnya. Jadi pada saat itu, yang lagi menerima arisan tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk upah. Demikian juga jika lagi panen atau memangkul sawah.

2. Julo-julo Semen
Sama dengan arisan uang juga, yang diterima peserta adalah dalam bentuk semen. Tentu ini akan bermanfaat sekali. Biasanya pesertanya adalah orang-orang yang berniat membangun rumah dan sebagainya.

3. Julo-julo piring
4. Julo-julo barang elektronik.
5. Julo-julo emas
6.  Julo-julo uang dengan berbagai variasi. Ada yang dipungut harian, ada juga perminggu dan perbulan. Nominalnya juga bertingkat-tingkat. Ada 100ribu perbulan, 500ribu/bulan bahkan lebih.

Nah, diantara semua julo-julo atau arisan yang saya ikuti saat ini adalah : Arisan 100ribu/bulan 2 nomer, Arisan 500ribu/bulan 1 nomer dan baru tadi pagi saya juga daftar ikut arisan piring. 30ribu/bulan dapat piring cantik 1 lusin..eh 2 lusin nantinya..hahha. Dulu juga pernah ada arisan karpet, tapi saya ga ikut, karna karpet saya sudah banyak.

Semua arisan sudah saya tunaikan awal bulan ini, sudah dibayar maksudnya. Tetapi, Arisan Blog baru bisa saya penuhi malam ini. Kenapa?, ya seperti yang saya bilang tadi, Arisan Blog ini sedikit ajaib. Yang namanya keluar, harus kita bikin tulisan dan di link ke blognya.



Baiklah..

Ada 4 orang ODOPers yang beruntung minggu ini.

1. Mbak Desi
    Saat ini beliau tinggal di Malaysia. Beliau smangat sekali menulis. Jika tidak lagi bekerja, biasanya mbak Desi membaca buku atau jalan-jalan. Tentu saja dua kebiasaan ini akan bermanfaat sekali bagi seorang penulis. Karna kalau tidak salah, minggu lalu saat bedah buku bang Tere Liye pernah bilang : ada 2 hal yang bisa dilakukan penulis selain membaca untuk mendapatkan inspirasi ; Dengan jalan-jalan( traveling) atau berteman dengan orang bijak. Anda tertarik membaca tulisan-tulisannya mbak Desi ?, buka saja link blognya diatas.

2. Mbak Hidayati Nur
Bicara tentang si Ummud (Ummi Imut) dengan 2 orang anak ini, rasanya agak-agak sungkan saya. Karna kemampuan menulisnya sangat menonjol sekali. Saya jadi malu jika beliau membaca tulisan ini nanti. Acak-acakan ya, Mbak ?..hehe. Prestasinya segudang, sering juga diundang untuk ngasih materi tentang kepenulisan. Buku, antologi sudah punya. Artikel, puisi sudah dimuat dimana-mana. Kadang saya jadi berfikir, mungkin mbak Hidayati Nur ini ikut ODOP cuman untuk seru-seruan saja. Buat menuntun kami yang betul-betul pure pemula...hehehe. Aku hampir tiap hari Blog Walking ke “rumah” mu, Mbak..asik baca tulisan-tulisannya. Penasaran?...buka aja tulisan biru diatas yaaa...

3. Mbak Nindyah
Masyaallah, Odopers yang satu ini betul-betul menginspirasi. Selain tulisannya yang renyah dan krenyes-krenyes seperti  KFC kesukaan anak saya Fatih, beliau juga seorang pribadi yang tegar dan penuh semangat. Kalau tidak percaya, bisa ketemuan langsung aja nanti di Cikarang, Bekasi. Beliau mengajar di SDIT Lippo. Beberapa tulisan beliau juga telah dipublikasikan pada majalah Mop dan Majalah Sierad Klaten. Penasaran?...yuk, kita bertandang ke Blog nya..

4. Mas Septian
Nama lengkapnya Muhamad Septian Wijaya. Beliau berdomisili di Ciledug Tangerang. Menulis telah menjadi bagian hidup bagi pria lajang yang beberapa waktu lalu dilantik sebagai ketua umum jomblo syar’i. Meskipun sampai sekarang saya belum tahu visi misi organisasi tidak resmi ini, tapi keberadaan beliau cukup memberi warna di dunia per-ODOP-an. Saya liat tadi, beliau sudah menulis sejak tahun 2003. Tulisannya diblog sudah banyak. Mau liat-liat ?, silahkan mampir ya ke blog nya..

Alhamdulillah, tertunaikanlah sudah Arisan Blog yang saya ikuti. Legaaaa...
Sesudah Anda membaca tulisan saya ini, jangan lupa ya..intip-intip link blog diatas. Kali aja ada yang “nyangkut” hatinya pada mereka. Eh, pada tulisannya...hehhe

Semoga Bermanfaat..


10 komentar:

  1. keren keren karena ada sayanya *ehhh #was_was_takut_ditimpuk_emak*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak apa-apa lah nak..yang penting tugas Mak mu Tunai.. :)))

      Hapus
  2. Terimakasih uni, tapi saya masih harus banyak belajar dari ODOPers, termasuk Uni Helen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak Nindyah. Semoga kita bisa istiqomah untuk terus belajar..:)

      Hapus
  3. Haduh, uni nyeritain ttg saya kayak nulis siapaa gitu, ambo aj gak kenal ni. Tp ambo aamiiinin aj deh hihihi, biar berkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tulis brangkat dari hasil BW, stalking dan info lain terkait, mbak..:)))

      Hapus
  4. Nggak ada saya.. Jadi nggak keren.. Hahaha..
    Lanjutkan mbak Helen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...ntar saya bikin spt tulisan audrey, ada bang syaiha nya. Biar dibilang keren...xixi

      Makasih bang, dah berkunjung..:)

      Hapus
  5. Saya mau ikut julo-julo piringnyaaa...pengen dapat piring cantik uni..hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..yuk, mbak..ini memang hobby nya emak-emak..xixixi

      Hapus